Jumat, 11 Januari 2013

TUHAN BERIKAN PENGERTIAN DALAM SEGALA SESUATU

Bahan Bacaan: 2 Timotius 2:7  Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.--

Semua harus mengakui keterbatasan manusia, dalam segala hal, apakah itu tenaga, usia, kesehatan, ruang gerak, termasuk pengertian/kecerdasan. Itu sebabnya manusia berupaya mengatasi keterbatasan itu dengan belajar, olahraga, jaga kesehatan/diet dan mengonsumsi obat-obatan/suplemen.

Tapi dalam perjalanan waktu dan fakta membuktikan, keterbatasan tetap keterbatasan. Sekeras apapun seseorang belajar tetap terbatas untuk memahami banyak hal. Seseorang bisa saja tampaknya ahli dalam satu bidang, tapi belum tentu mampu dalam bidang lain. Untuk bisa tetap mengerti, manusia harus terus menerus belajar.

Paulus menyadari benar keterbatasan dirinya. Kendati dia secara intelektual hebat yang pernah menjadi murid Gamaliel, bisa beragam bahasa, menguasai berbagai pengetahuan, tetap saja Paulus tahu betapa lemahnya dirinya. Ketika Paulus memutuskan percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Rajanya dan hidup melayaniNya, dia merasakan sesuatu yang beda dari sebelumnya.

Paulus menikmati tuntunan dan pengajaran Tuhan baginya setiap waktu. Hal-hal yang tak dimengertinya, menjadi bisa dipahami ketika Paulus bergantung penuh kepada Tuhan Yesus. Pelayanan Paulus bisa berjalan baik karena Tuhan selalu memberikan pengertian bagi dia dalam segala hal.

Pengertian dari Tuhan Yesus yang diberikan bagi hambaNya bukan hanya terbatas soal Firman Tuhan, tapi juga bidang-bidang lain. Lihatlah bagaimana Paulus bicara mengenai budaya Yunani di Athena. (Baca dalam Lukas 17:16-34). Dia dengan pengertian dari Tuhan bisa mengarahkan tulisan di patung untuk percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.

Dari pengalaman pribadinya, Paulus berani menuliskan kepada Timotius bahwa Tuhan Yesus memberikan pengertian dalam segala yang diperlukan dalam pelayanan dan hidup sehari-hari. Ini bukan hanya janji, tapi merupakan kepastian. Tuhan Yesus menyatakan hal itu juga dalam Yohanes 14:26  tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.--

Roh Tuhan yang ditempatkannya dalam diri kita, Dia mengajar kita tentang segala sesuatu. Ini yang dialami Paulus, dan kemudian disampaikannya kepada Timotius. Senada disampaikan dalam Yakobus 1:5, supaya yang kekurangan hikmat meminta kepada Tuhan Yesus. Luarbiasa, fasilitas yang disediakan Tuhan bagi setiap pengikutNya.

Jadi saudara, kita tak perlu khawatir bagaimana hidup di dunia ini, bagaimana dalam pelayanan, bagaimana dalam pekerjaan, rumah tangga, keluarga, dan lain-lain. Tuhan Yesus memberikan pengertian untukmu. Kita hanya perlu taat, dan.bergantung padaNya. Mintalah setiap pagi hikmat dan pengertian untuk menjalani hari-harimu.

Sebagai pelajar dan mahasiswa, minta pengertian dari Tuhan Yesus memahami pelajaranmu, sebagai pekerja untuk bekerja dengan baik, sebagai suami bagaimana memperlakukan istri dan sebaliknya, sebagai Hamba Tuhan bagaimana melayani, sebagai tetangga, sebagai warga negara, dan lain-lain, apapun posisimu.

Ini bukan hanya janji, tapi sudah terbukti! Kalau saudara ingin menikmati bukti ini juga, datanglah kepada Tuhan Yesus. Serahkan dirimu secara total dan biarkan Dia membenahi seluruh hidupmu. Tuhan Yesus memberimu pengertian dalam segala hal. TUHAN YESUS KRISTUS MEMBERKATI. (Tim KKS, Medan 11 Januari 2013).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar