Kamis, 03 Januari 2013

PENGIKUT TUHAN YESUS HARUS RAMAH

Bahan bacaan: 2 Timotius 2:24-25  sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran--

Satu keluarga baru pindah ke satu kota dan memutuskan untuk menjadi jemaat di gereja lokal. Beberapa bulan, mereka tetap terasing dan merasa kecewa karena sambutan tak bersahabat dari anggota jemaat yang lama. Padahal, keluarga ini sudah berusaha tersenyum dan menyapa setiap orang, tapi responsnya biasa saja.

Seorang pria yang lain memutuskan keluar dari satu persekutuan rohani, karena dia tak menikmati hubungan sebagai saudara dalam Kristus di sana. Dari segi pengajaran, dia tak merasa terganggu, semua masih Injili. Namun, dia merasa orang-orang dalam persekutuan tersebut terlalu kaku dan tegang dalam berinteraksi dengan sesama.

Atas nama ketaatan kepada Firman, orang-orang ini kurang mau bergaul, berkomunikasi, bahkan menyapa manusia di luar persekutuannya. Mereka hanya kompak dan berteman dengan rekan sepersekutuan saja. Akibatnya, pertumbuhan keanggotaan persekutuan tersebut sangat lamban.

Sementara di sebuah bank, seorang wanita tua dengan pakaian sederhana, begitu di pintu, langsung disapa  satpam. Ibu ini ditanya apa keperluannya dan diarahkan ke mana berurusan. Ibu ini masuk dan setelah itu disambut customer service dengan senyum. Dia pulang dengan gembira dan merasa puas menikmati pelayanan bank tersebut.

Rasul Paulus dalam suratnya ke Timotius, yang kita baca tadi di awal tadi, menegaskan hamba Tuhan harus ramah kepada setiap orang! Ramah tanpa membedakan apakah teman sepersekutuan atau bukan, orang Kristen atau tidak, siapapun. Tujuannya, untuk kepentingan Kerajaan Sorga, supaya ada kesempatan orang lain bertobat dan datang kepada Tuhan Yesus.

Bahkan, walau dihina, Paulus tetap berlaku ramah. 1 Korintus 4:13  kalau kami difitnah, kami tetap menjawab dengan ramah; kami telah menjadi sama dengan sampah dunia, sama dengan kotoran dari segala sesuatu, sampai pada saat ini.-- Dalam beberapa suratnya, berulang kali Paulus menekankan anak-anak Tuhan harus ramah.

Yakobus dan Petrus juga menyatakan hal yang sama tentang keramahan. Namun keramahan itu bukan yang dibuat-buat, seperti produk sekolah kepribadian. Keramahan anak Tuhan berasal dari hati yang tulus, mengalir karena kasih Tuhan Yesus. Coba saudara berdiri di depan cermin, apa wajahmu terlihat kaku? Coba tersenyum, apakah terlihat dipaksakan dan tak tulus?

Evaluasi komunikasimu dengan orang lain, berapa sering menyapa orang baru? Seberapa sering duluan mengulurkan tangan untuk memberi salam, daripada diberi salam? Jadilah pribadi yang hangat, inklusif dan ramah. Minta Tuhan Yesus benahi karaktermu, dan berlatihlah berlaku ramah, dengan tersenyum ke orang yang kamu temui. TUHAN YESUS KRISTUS RAJASORGA MEMBERKATI. (Tim KKS, Medan 4 Januari 2013)

1 komentar:

  1. Pokers128 adalah salah satu Agen Poker yang menawarkan jasa untuk penukaran chips secara online. Segera bergabung bersama www,pokers128,net dan rasakan sensasi pelayanan yang istimewah sehingga sebagai member setia www,pokers128,net anda akan merasakan nyaman dengan Customer Servis kami yang siap melayani semua keluhan anda. (WA : 081910053031)

    BalasHapus