Rabu, 23 Januari 2013

STOP, JANGAN BUNUH DIRI !

Bahan bacaan: Mazmur 43:5  Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Tuhan! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Tuhanku!--

Kota Medan kemarin tergoncang dengan kabar bunuh diri seorang anggota polisi. Petugas yang seharusnya melindungi orang lain, malah tak bisa melindungi diri sendiri, dan nekad menghabisi nyawa sendiri, dengan gantung diri. Polisi ini memiliki masalah terkait dengan istrinya yang pisah ranjang dan mutasi dari tempat kerjanya.

Kasus bunuh diri bukan kali ini saja terjadi, belakangan makin banyak, dari status sosial dan latar belakang yang berbeda-beda. Alasannya macam-macam, namun intinya keputusasaan, karena tak ada solusi atas masalah yang dihadapinya. Daya tahan manusia sekarang makin lemah terhadap masalah.

Ada karena dapat nilai jelek dari guru, memutuskan bunuh diri. Kasus lain, karena dimarahi orangtua, nekad minum serangga. Alasannya makin sepele untuk bunuh diri. Betapa rapuhnya manusia di zaman ini, menghadapi tekanan hidup.

Pemazmur dalam bacaan kita di atas juga mengalami tekanan dalam hidupnya. Jiwanya tertekan, dan hatinya gelisah karena masalah yang dihadapinya. Namun, ia tak memutuskan bunuh diri karena tahu, ada Tuhan, tempat mengadu dan bersedia menolong, dengan segala sumber dayaNya yang tak terbatas.

Paulus menegaskan masalah yang kita hadapi, tak lebih besar dari kemampuan kita menghadapinya. Tuhan juga tak biarkan masalah terjadi tanpa solusi. Tuhan Yesus mengizinkan masalah untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Mari baca dua bagian Alkitab berikut.

1 Korintus 10:13  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Tuhan setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.-- Roma 8:28  Kita tahu sekarang, bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Tuhan.--

Kita hanya perlu datang kepada Tuhan Yesus untuk mendapat kelegaan, dan mau memikul kuk yang dilpasangNya bagi kita, untuk mendapat ketenangan. Kelegaan sifatnya sementara, sedangkan ketenangan sifatnya tetap. Mari renungkan Matius 11:28-30  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan." --

Jadi apapun masalahmu, sekecil apapun, datanglah kepada Tuhan Yesus pasti ada solusi. Serahkan masalahmu dan hidupmu ke tanganNya, Dia akan menolong dan menuntunmu. 1 Petrus 5:7  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.--TUHAN YESUS KRISTUS RAJASORGA MEMBERKATI.(Tim KKS, Medan, 24 Januari 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar