Senin, 07 Januari 2013

PELUANG BESAR BAGI ORANG JUJUR

Bahan Bacaan: Amsal 3:32  karena orang yang sesat adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi dengan orang jujur Ia bergaul erat. --

Ada pepatah bahasa Indonesia: jujur maka mati terbujur. Ada beberapa maknanya, antara lain, hanya orang mati yang bisa jujur, sementara orang hidup tak mungkin jujur. Makna yang lain, kalau jujur, itu sama saja dengan bunuh diri, yakni mati terbujur. Ini menggambarkan fenomena sulitnya mencari orang jujur saat ini.

Perusahaan besar kaliber dunia saat ini dalam merekrut pekerja yang andal, tak lagi hanya menjadikan skill (pengetahuan dan ketrampilan) sebagai satu-satunya acuan. Selain skill, mereka menuntut adanya karakter yang baik, yakni apakah orangnya jujur. Perusahaan tak ingin mempekerjakan dan membayar mahal gaji karyawannya, tapi karakternya buruk, suka bohong dan tak jujur.

Jika seseorang jujur secara konsisten, akan membuatnya menjadi orang yang bisa dipercaya, bagi yang mengenalnya. Namun, menjadi jujur bukanlah hal yang mudah. Banyak yang dari dirinya ingin berlaku jujur, tapi kalah oleh tekanan situasi. Kadangkala, pekerjaan menuntutnya menjadi tak jujur.

Perbuatan tak jujur yang marak belakangan ini antara lain, mark up (membesarkan/menggelembungkan) harga demi keuntungan pribadi, korupsi, memanipulasi laporan, menipu, janji tak ditepati, menggunakan ijazah palsu, gelar sarjana palsu, menyogok, menyontek saat ujian, selingkuh, dan lain-lain. Saudara bisa menambah daftar ini, karena banyaknya perbuatan yang masuk ketegori tak jujur.

Makin maraknya ketidakjujuran dunia, seharusnya menjadi peluang bagi pengikut Tuhan Yesus untuk masuk dunia kerja, dunia politik dan menjadi berkat di lingkungannya. Sebab, omong kosong seseorang mengaku sebagai pengikut Tuhan Yesus, karakternya tak diubahkan. Kita sebagai anak-anak Tuhan berubah dari manusia lama yang jahat, suka bohong, pendengki, pemalas dan sifat buruk lain.

Anak Tuhan bisa berubah bukan karena pelatihan sekolah kepribadian atau usaha sendiri, tapi perubahan karakter terjadi atas kerjasama Roh Kudus dengan kita. Perubahan tak terjadi jika kita pasif. Roh Tuhan bekerja maksimal merubah manusia lama kita, kalau ada tekad, keinginan kuat, dan perjuangan dari diri kita.

Kalau mau jujur, mulailah jujur, latihan, kendati menyakitkan dan mungkin merugikan pada awalnya. Saudara akan dimampukan Roh Yesus yang ada dalam dirimu. Tuhan Yesus sangat menyukai orang yang jujur. Amsal yang kita baca tadi.malah menyebutkan Tuhan bergaul erat, kompak, karib atau intim dengan orang jujur.

Nah, kalau Tuhan Yesus bergaul karib dengan orang jujur, tentu rugi sekali jika kita mempertahankan karakter lama yang pembohong. Sebab orang yang bergaul karib dengan Tuhan, hidupnya diberkati, dipercaya, hidup kekal terjamin, perlindungan 24 jam, dan berbagai macam fasilitas Kerajaan.Sorga diberikanNya.

Lalu tunggu apa lagi? Segeralah minta Tuhan Yesus Kristus membenahi karaktermu. Buka hatimu bekerja sama dengan Roh Tuhan dalam dirimu. Berlatihlah dan berjuang, kendati dunia menertawakanmu, dan membuatmu merasa rugi. Sebab bagi Tuhan Yesus, penguasa bumi dan sorga, malah sebaliknya, orang jujur sangat berkenan bagiNya. TUHAN YESUS KRISTUS RAJASORGA MEMBERKATI (Medan, 8 Januari 2013)

1 komentar:

  1. Pokers128 adalah salah satu Agen Poker yang menawarkan jasa untuk penukaran chips secara online. Segera bergabung bersama www,pokers128,net dan rasakan sensasi pelayanan yang istimewah sehingga sebagai member setia www,pokers128,net anda akan merasakan nyaman dengan Customer Servis kami yang siap melayani semua keluhan anda. (WA : 081910053031)

    BalasHapus