Kamis, 17 Januari 2013

RAHASIA SUKSES BELAJAR FIRMAN TUHAN

Bahan Bacaan: Lukas 24:45  Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.--

Seorang pria pekerja yang sedang sungguh-sungguh mencari kebenaran, memutuskan untuk masuk sekolah teologia. Dia merasa dengan sekolah, ia akan lebih mengerti isi Alkitab dan bisa menjelaskan ke orang lain. Secara pribadi, pria ini sudah berupaya mempelajari sendiri isi Alkitab, tapi malah tambah bingung.

Lalu, dia atas saran temannya, membeli beberapa versi buku tafsir Alkitab. Segera pria ini tambah bingung, sebab uraian antara yang satu dengan yang lain membuatnya bingung. Bukan malah tambah mengerti, eh makin tak paham apa isi Alkitab.

Setelah menjadi mahasiswa teologia, di sela kesibukannya bekerja, pria ini terkejut menemukan fakta, di sekolah itu, dia belajar pendapat-pendapat pakar mengenai Alkitab. Rupanya, banyak aliran dan pemahaman tentang Alkitab, yang kadang antara yang satu dengan yang lain berbeda dan kontras. Alhasil, pria tersebut, bukan makin paham Alkitab, tapi makin bingung.

Ini hanyalah contoh kasus yang bisa saja dialami orang lain. Walau tak semua, ada yang memang setelah sekolah teologia, mengaku pikirannya makin dicerahkan  dan pemahamannya meningkat. Kegairahan manusia belajar kitab suci memang sudah lama ada, sejak dulu kala.

Namun, Tuhan Yesus Kristus mengungkap banyaknya orang salah motivasinya dalam mempelajari Alkitab. Mereka belajar untuk dirinya sendiri, agar bisa paham dan ahli menjelaskan ke orang lain. Ini kita baca dalam Yohanes 5:39-40  Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa olehnya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.--

Sentral Alkitab adalah Tuhan Yesus Kristus. Kendati dituliskan pada zaman yang berbeda, oleh orang yang berbeda, tapi diilhamkan satu pribadi, yakni Tuhan sendiri. Fokusnya Tuhan Yesus sendiri, apapun kitab yang dibaca. Jadi, setiap upaya belajar Alkitab yang tak menjadikan Tuhan Yesus Kristus sebagai fokusnya, dipastikan pemahaman akan melenceng dari kebenaran.

Kebenaran merupakan misteri, yang kunci jawabannya ada di tangan Tuhan Yesus sendiri. Kunci jawaban hanya diberikan Tuhan Yesus kepada muridNya, yakni siapa yang mau percaya dan taat kepadaNya. Mari baca dalam Matius 13:11  Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.--

Alkitab hanya bisa dimengerti seseorang jika pikirannya dibuka oleh Tuhan Yesus. Itu yang kita baca tadi di awal pada rekaman Injil yang ditulis Lukas. Untuk itu, cara mudah belajar Alkitab, adalah mendaftar menjadi murid Tuhan Yesus Kristus, sekarang juga, dan memohon Dia membuka pikiranmu agar memahami Alkitab. Fokuslah kepada Tuhan Yesus dan pengajaranNya, jadilah mulailah belajar dari kitab Injil, Matius, Markus, Lukas hingga Yohanes.

Baca, hapalkan dan pelajari Sabda Tuhan Yesus terlebih dahulu, kendati belum sungguh mengerti. Sebab semua isi Alkitab, dari Kejadian hingga Wahyu, fokusnya tentang Tuhan Yesus. Ini akan sangat menolong saat Tuhan gerakka belajar kitab yang lain. Selamat belajar. TUHAN YESUS KRISTUS RAJASORGA MEMBERKATI.(Tim KKS, Dharmasraya Sumatera Barat, 15 Januari 2013).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar