Selasa, 08 Januari 2013

PRIA DAN WANITA YANG LEMAH LEMBUT

Bahan Bacaan: Matius 5:5  Berbahagialah orang yang lemah lembut,karena mereka akan memiliki bumi.--

Banyak yang mengaitkan kelemahlembutan dengan sifat suku bangsa. Etnis A dianggap lembah lembut, karena bicaranya pelan dan lembut. Sementara etnis B dianggap keras, karena ucapannya keras dan cenderung kasar. Apakah benar demikian?

Zaman ini makin ketat persaingan dan hidup yang makin keras pula. Fakta, sikap kasar bukan lagi monopoli satu etnis atau suku bangsa. Kita sering diperhadapkan dengan sikap kasar, vandalisme, tak sopan dan melecehkan, dari orang dengan latar belakang etnis dan agama yang beragam. Jadi karakter seseorang, tak lagi terkait dengan etnis atau agama.

Lemah lembut bukan hanya ucapannya saja yang pelan. Banyak yang bicaranya pelan, tapi hatinya keras, atau sering disebut keras kepala, susah dinasihati. Ada yang kata-katanya lembut, tapi menghujam hati yang mendengar, begitu menyakitkan. Sebaliknya, ada yang mengklaim hatinya sebenarnya lembut, hanya ucapan dan perilakunya saja yang kasar. Apa ini yang lemah lembut?

Lembek tak sama dengan lemah lembut. Lembek menjadikan manusia tak memiliki prinsip. Kelemahlembutan membuat seseorang lentur dan fleksibel, tak lagi kaku. Tapi memegang teguh keyakinannya, namun disampaikan dan diekspresikan secara lembut, tanpa arogansi.

Kelemahlembutan harus dimulai dari dalam, dari hati. Ciri seseorang yang hatinya lembut, dia akan peka terhadap orang lain, mau mendengar, terbuka terhadap masukan dan kritik. Orang yang hatinya keras, akan sulit menerima orang lain, dan merasa hanya dirinya saja yang benar. Kebenaran juga akan sulit diterima orang yang hatinya keras.

Hati yang lembut akan menghasilkan ucapan dan perilaku yang lembut. Ini juga dinyatakan Tuhan Yesus dalam Lukas 6:45  Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya."-- Jadi, tak bisa mengklaim dirinya lembut, tapi ucapan kasar. Jangan berlindung di balik pernyataan: memang sudah sifatku begitu.

Sebagai pengikut Tuhan Yesus Kristus, kita wajib lemah lembut. Sebab Dia, yang adalah Raja, Guru dan Gembala kita, sangat amat lembut. Mari baca dalam Matius 11:29  Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.-- Kabar baiknya bagi kita, Tuhan Yesus Kristus bilang kelemahlembutan bisa dipelajari setiap orang. Tuhan Yesus mengundang kita belajar hal itu darinya.

Bacaan kita tadi Matius, yang merupakan bagian khotbah di bukit, Yesus menyatakan orang lemah lembut memiliki bumi. Luarbiasa, sebab dunia ini memang memerlukan orang yang lemah lembut. Salomo menyatakan orang yang lemah lembut bisa menyelesaikan pertikaian.

Amsal 15:1, 4  Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah. Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati. Amsal 25:15  Dengan kesabaran seorang penguasa dapat diyakinkan dan lidah lembut mematahkan tulang.--

Pria yang lembut bukanlah pria yang kewanita-wanitaan. Pria tetaplah gentleman, hanya hatinya lembut, dan mengalir ke ucapan serta perilaku. Kelemahlembutan bukan dibuat-buat, jika itu memang bukan dari hati, pasti akan terbongkar suatu saat. Topeng kelembutan sering muncul saat baru kenalan, tetapi seiring waktu, kepalsuan akan ditelanjangi.

Ingin saudara memiliki karakter lemah lembut. Belajarlah kepada Tuhan Yesus Kristus. Minta Dia jamah dan lembutkan hatimu terlebih dahulu. Lalu, belajarnya mengucapkan kata-kata dengan lembut dan berperilaku lembut. Tuhan Yesus pasti menolong setiap muridNya untuk lemah lembut. TUHAN YESUS KRISTUS RAJASORGA MEMBERKATI.(Medan, 9 Januari 2013, Tim KKS)

1 komentar:

  1. Pokers128 adalah salah satu Agen Poker yang menawarkan jasa untuk penukaran chips secara online. Segera bergabung bersama www,pokers128,net dan rasakan sensasi pelayanan yang istimewah sehingga sebagai member setia www,pokers128,net anda akan merasakan nyaman dengan Customer Servis kami yang siap melayani semua keluhan anda. (WA : 081910053031)

    BalasHapus