Minggu, 30 Desember 2012

MENYAMBUT TAHUN BARU

Bahan Bacaan: Wahyu 22:13  Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."--

Hari ini merupakan hari terakhir tahun ini, dan tengah malam nanti, beralih ke tahun yang baru. Beragam aktivitas orang untuk mengakhiri dan mengawali. Ada yang merayakannya dengan pesta kembang api, bersenang-senang di tempat hiburan, dan perayaan lainnya.

Ada pula yang menyikapinya dengan ketakutan akan masa depan. Apalagi yang tergantung dengan segala macam ramalan berdasarkan bintang dan binatang. Mereka ini jadi pergi ke dukun atau paranormal, meminta nasihat, doa dan penangkal nasib buruk. Tujuannya, agar di tahun yang baru lebih sukses dari sebelumnya.

Tuhan Yesus Kristus menegaskan diriNyalah yang awal dan akhir, alfa dan omega, seperti bacaan kita di kitab Wahyu tadi. Dialah pencipta alam semesta (Yohanes 1:3), Rajasorga (Matius 25: 31-46), dan segala sesuatu berada di dalam kendaliNya (Roma 8:28). Masa depan memang misteri, tapi Tuhan Yesus ada di sana.

Manusia dengan kemajuan ilmu pengetahuan, mencoba prediksi apa yang bakal terjadi di tahun yang baru. Desember ramai diskusi dan ekspose tentang outlook bidang ekonomi, sosial, politik dan lain-lain. Tapi semua sebatas prediksi berdasarkan asumsi di tahun yang lama, tak ada yang bisa memastikan apa yang bakal terjadi.

Ketika semua yang lainnya goyah, maka Tuhan Yesus menegaskan diriNya satu-satunya kepastian, yang terpercaya dan menjamin. Kuasa di sorga dan bumi di tanganNya, dan Dia janji menyertai kita yang percaya kepadaNya senantiasa, sampai kesudahan zaman.

Matius 28:18-20  Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."--

Di tahun yang lama, mungkin kita merasa jalan hidup kita tak benar, ada yang salah, dan tak beres. Datanglah ke Tuhan Yesus, Dia akan luruskan jalanmu di tahun yang baru. Amsal 3:5-6  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.--

Jadi, kenapa harus takut? Tuhan Yesus menjadi jaminan bagi kita memasuki tahun yang baru. Malam tahun baru saatnya melakukan introspeksi, retrospeksi atau refleksi, meminta Tuhan evalusi jalan hidupmu. Percayakan hidupmu kepada Tuhan Yesus, akui Dia, maka jalanmu akan diluruskan.(Medan, 31 Desember 2012, Tim KKS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar