Kamis, 27 Desember 2012

ITU BUKAN URUSANMU

Bahan bacaan: Yohanes 21:22  Jawab Yesus: "Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku."--

Sebagai orang percaya sering kita termotivasi ingin mengetahui berbagai misteri tentang Tuhan. Banyak yang ingin mengetahui alasan Tuhan melakukan sesuatu. Mengapa terjadi begini, dan kenapa terjadi begitu.

Tak sedikit pula yang menghabiskan waktu membahas masa depan dari sudut pandang Alkitab. Mereka mengulas fenomena alam, kejadian politik, perkembangan teknologi, dan masalah sosial,dan mengaitkannya dengan Alkitab. Biasanya diikuti dengan larangan atau pernyataan nubuat (ramalan?) akan terjadi sesuatu.

Topik populer yang menjadi bahasan, antara lain mengenai kapan kiamat. Obsesi untuk mengetahui kapan akhir dunia ini telah menghasilkan banyak orang aneh, yang menafsirkan Alkitab sesuka hati. Topik lain, tentang misteri 666, banyak versi bahasan soal ini, ada mengaitkan ke komputer, chip dan perkembangan teknologi lainnya.

Bahasan lain yang tak kalah populer, adalah menghubung-hubungkan satu produk dengan gereja setan. Satu lagi, suka mengupload dan menyebarkan foto yang diyakini sebagai penampakan Tuhan atau wujud iblis,apakah dalam bentuk awan, atau siluet. Waktu banyak habis membahas, mensharingkan ke orang lain, dan mencari lagi hal baru.

Akibatnya tugas dari Tuhan untuk kita terabaikan. Padahal Dia memanggil kita keluar dari kegelapan, untuk memberitakan Injil, menuntun orang lain datang kepada Tuhan Yesus Kristus Rajasorga. (Matius 28:18-20, Yohanes.15:16, 1 Petrus 2:9). Bagian kita adalah mengikut Dia, seperti bacaan kita di Yohanes pasal 21 tadi.

Para murid waktu itu tergoda ingin mengetahui apa yang terjadi masa depan Rasul Yohanes. Namun, Tuhan Yesus tegaskan itu bukan urusan murid. Urusan kita mengikut Dia, mendengarkan perintahNya dan menaati kehendakNya bagi kita. Berhentilah mengurusi yang bukan urusanmu, lakukan bagianmu.

Banyak hal karya, pikiran dan rencana Tuhan, tak harus dimengerti atau kita ketahui. Mari saudara fokus pada prioritas Tuhan bagi dunia ini. Apa itu, ikut Dia, dan beritakan Injil Kerajaan Sorga.(Medan, 28 Desember 2012, Tim KKS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar